Anda harus memiliki rasa sakit di perut bagian bawah, baik itu sakit ringan, kram, atau nyeri seperti jarum tajam. Tapi tahukah anda penyeba...

Penyebab sakit perut bagian bawah

Anda harus memiliki rasa sakit di perut bagian bawah, baik itu sakit ringan, kram, atau nyeri seperti jarum tajam. Tapi tahukah anda penyebabnya?Dalam ilmu kedokteran, sakit perut bagian bawah sering digambarkan sebagai nyeri panggul. Rasa sakit ini bisa mempengaruhi pria dan wanita, meski lebih sering terjadi pada wanita.

sakit perut bagian bawah

Mengapa Nyeri Perut Bawah Dapat Terjadi - alodokterSakit perut bagian bawah pada wanitaSakit perut bagian bawah lebih sering terjadi pada wanita karena berhubungan dengan organ reproduksi wanita, seperti vagina, ovarium, rahim, leher rahim, atau saluran tuba. Berikut adalah kemungkinan penyebabnya:

    
Sakit perut karena menstruasi.
    
Ovulasi.
    
Kehamilan di luar rahim atau kehamilan ektopik.
    
Aborsi spontan.
    
Penyakit radang panggul.
    
Kista ovarium atau gangguan ovarium lainnya.
    
Endometriosis
    
Kelainan plasenta atau gangguan plasenta lainnya selama kehamilan.
    
Fibroid.
    
Kelainan rahim seperti infeksi, pembengkakan, atau kanker.
    
Kanker rahim.
    
Peradangan saluran tuba atau salpingitis.Nyeri perut yang lebih rendah pada pria dan wanitaRasa sakit di perut bagian bawah tidak hanya berhubungan dengan organ reproduksi. Nyeri juga bisa disebabkan oleh infeksi organ non-reproduksi seperti panggul, kandung kemih, atau usus besar. Untuk alasan ini, pria dan wanita mungkin merasa sakit di perut bagian bawah. Berikut adalah kemungkinan penyebabnya:

    
Cedera.
    
Penyakit Crohn.
    
Gangguan usus.
    
Radang usus buntu.
    
Peradangan kandung kemih.
    
Infeksi ginjal
    
Batu ginjal
    
Penyakit menular seksual seperti gonore atau sifilis.
    
Divertikulitis
    
Sebuah patah tulang pinggul.Bagaimana cara mendiagnosa?Untuk mengetahui penyebab pasti rasa sakit yang Anda derita, berkonsultasilah dengan dokter segera. Sebelum melakukan pemeriksaan fisik, dokter Anda akan menanyakan beberapa pertanyaan tentang rasa sakit yang Anda rasakan. Beberapa contoh dari pertanyaan ini adalah:

    
Sudah berapa lama Anda sakit di perut bagian bawah?
    
Bagaimana rasa sakitnya?
    
Kapan rasa sakit sering muncul? Apakah pagi, malam, setelah makan atau saat haid?
    
Apakah rasa sakit mempengaruhi bagian tubuh lainnya, seperti pantat, selangkangan, bahu atau punggung bagian bawah?
    
Apakah Anda hamil?Setelah dokter bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, seperti tes darah, tes urine, tes tinja, tes pada vagina atau penis, atau tes kehamilan. Selain itu, dokter juga dapat melakukan pemeriksaan lainnya melalui prosedur laparoskopi, endoskopi, atau pemeriksaan sistem pencernaan dengan kamera, histeroskopi, atau pemeriksaan rahim dengan kamera, ultrasound, computed tomography, dan x-ray.Beberapa hari kemudian dokter akan memberikan hasil tes. Dari diagnosa, dokter Anda bisa membantu Anda memilih langkah pengobatan yang tepat. Ada sakit perut yang bisa diobati dengan perawatan di rumah atau minum obat bebas di pasaran. Tapi ada juga penyebab sakit perut bagian bawah yang harus ditangani secara eksklusif oleh peralatan medis, seperti perawatan melalui pembedahan.




Baca Juga : Sunat Dewasa Pekanbaru

0 komentar: