Jika Anda sudah memiliki lipid darah di atas normal, jangan berkecil hati. Selain konsumsi obat anti kolesterol, ada beberapa hal yang bisa ...

Cara mengatasi dislipidemia

Jika Anda sudah memiliki lipid darah di atas normal, jangan berkecil hati. Selain konsumsi obat anti kolesterol, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencapai kandungan lemak ideal.

dislipidemia

1. Menetapkan diet diet alias diet

    
Batasi asupan lemak trans Anda seperti gorengan, biskuit, biskuit, roti dan donat.
    
Batasi asupan karbohidrat Anda hingga kurang dari 60% dari menu harian. Makanan seperti nasi, mie dan pasta bisa meningkatkan trigliserida, karena kelebihan gula akan berubah menjadi jenis lemak ini.
    
Tingkatkan konsumsi omega 3 dan omega 6 ikan atau minyak ikan. Mengkonsumsi makanan ini bisa meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan menurunkan trigliserida.
    
Diet tinggi serat makanan seperti kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran dan sereal gandum memiliki efek hipokolesterolemik.2. Meningkatkan aktivitas fisikEfek aktivitas fisik terutama penurunan trigliserida dan peningkatan kolesterol HDL. Latihan aerobik dapat mengurangi konsentrasi trigliserida hingga 20% dan meningkatkan kadar kolesterol HDL hingga 10%. Namun, tanpa diet dan penurunan berat badan, aktivitas fisik tidak berpengaruh pada kolesterol total dan kolesterol LDL. Aktivitas fisik yang disarankan adalah aktivitas terukur, seperti jalan cepat 30 menit sehari selama 5 hari seminggu atau aktivitas lainnya setara dengan 4-7 kkal / menit.


 Baca juga : Khitan Pekanbaru



Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan adalah:

    
Sapu halaman selama 30 menit
    
Berjalan cepat (4,8-6,4 km per jam) selama 30-40 menit
    
Berenang - selama 20 menit
    
Kesenangan atau transportasi bersepeda, pada jarak 8 km dalam 30 menit
    
Putar voli selama 45 menit
    
Gunakan mesin pemotong rumput yang didorong selama 30 menit
    
Pembersihan rumah (secara besar-besaran)
    
Mainkan basket selama 15 sampai 20 menit3. Berat BadanLingkar pinggang normal untuk Asia adalah maksimal 90 cm untuk pria dan maksimal 80 cm untuk wanita. Setiap penurunan berat badan 10 kg dikaitkan dengan penurunan kolesterol LDL 8 mg / dL. Setiap pengurangan berat badan 1 kg dikaitkan dengan peningkatan kolesterol HDL 4 mg / dl dan penurunan konsentrasi TG 1,3 mg / dL.4. Berhenti merokokBerhenti merokok bisa meningkatkan kolesterol HDL 5-10%. Merokok juga terkait dengan peningkatan konsentrasi trigliserida, jadi saat berhenti merokok, hal itu juga akan bermanfaat bagi perubahan tingkat trigliserida.

0 komentar: