Nyeri haid biasanya bisa diobati hanya di rumah tanpa memerlukan pertolongan medis. Obat penghilang rasa sakit dapat dilakukan untuk membant...

Cara mengatasi nyeri Haid

Nyeri haid biasanya bisa diobati hanya di rumah tanpa memerlukan pertolongan medis. Obat penghilang rasa sakit dapat dilakukan untuk membantu meringankan timbulnya gejala. Selain itu, ada beberapa jenis obat yang bisa dibeli bebas di apotek untuk mengatasinya.
Perawatan diri

Nyeri Haid

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk membantu mengurangi rasa sakit. Ini hanya bekerja untuk meredakan nyeri haid, tidak sembuh total.

Baca juga : Sunat Dewasa Pekanbaru

    Berolahraga secara teratur. Melakukan aktivitas sederhana, namun tidak terlalu banyak tekanan pada diri sendiri dapat membantu mengurangi rasa sakit menstruasi yang terjadi. Kegiatan seperti berenang, berjalan kaki atau bersepeda bisa dilakukan, meski pada tingkat rendah.
    Botol panas air panas yang dikompresi di daerah perut rasa sakit bisa membantu mengurangi rasa sakit.
    Air panas dari kamar mandi. Pencarian ini bisa mengurangi rasa sakit dan juga membuat kita merasa rileks.
    Hindari merokok dan minum. Aktivitas ini dinilai bisa meningkatkan risiko mengalami nyeri haid.
    Kegiatan relaksasi. Pijatan kecil di sekitar perut bisa membantu meringankan rasa nyeri yang muncul. Selain itu, Anda bisa mencoba aktivitas seperti yoga dan pilates untuk membantu mengalihkan perhatian dari rasa sakit.
    TENS (stimulasi saraf transkutaneous listrik). Terapi ini dilakukan oleh perangkat elektronik dengan arus cahaya. Gunakan alat ini di bagian bawah perut untuk menghilangkan rasa sakit.
    Suplemen makanan. Menurut penelitian, vitamin E, asam lemak omega-3, vitamin B1, vitamin B6 dan magnesium dapat meredakan nyeri haid.

Narkoba

Berikut adalah obat yang sering digunakan untuk mengobati nyeri haid.

    Obat antiinflamasi non steroid (NSAIDS). Dokter akan meresepkan NSAID untuk sebagian besar kasus nyeri haid. Obat antiinflamasi non steroid yang bisa dibeli bebas adalah ibuprofen dan aspirin juga. Untuk penggunaan obat ini dengan benar, tanyakan kepada dokter tentang dosis dan peraturan kehidupan dan bacalah informasi tentang paket obatnya.
    Analgesik lainnya. Bagi Anda yang tidak merasakan efek NSAID, Anda bisa mengkonsumsi acetaminophen. Parasetamol adalah sejenis obat bebas yang bisa dibeli di toko obat dan efek sampingnya kecil. Selain asetaminofen, kodein juga bisa diberikan, namun resepnya diperlukan untuk obat ini.
    Kontrasepsi lisan. Pil KB atau keluarga berencana juga bisa membantu meringankan rasa sakit menstruasi yang Anda rasakan. Obat ini berfungsi untuk menipiskan lapisan rahim dan juga mengurangi jumlah senyawa prostaglandin yang dilepaskan oleh tubuh. Bila lapisan rahim menjadi tipis, otot tidak perlu berkontraksi lagi selama menstruasi, sehingga nyeri haid terasa kurang terasa.

Pengobatan haid yang menyakitkan karena kondisi lain

Jika obat antiinflamasi non steroid tidak mengatasi nyeri haid yang terjadi setelah menjalani beberapa bulan, Anda mungkin perlu menemui dokter spesialis untuk menentukan faktor-faktor mendasar yang menyebabkan timbulnya nyeri haid.

Pengobatan tergantung pada penyebab nyeri haid. Mungkin pada awalnya Anda perlu minum obat penghilang rasa sakit, tapi Anda tetap perlu mengobati penyebabnya.

Misalnya, nyeri haid disebabkan oleh endometriosis atau fibroid. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda mungkin perlu menjalani operasi pengangkatan rahim jika Anda tidak berencana untuk memiliki anak.

0 komentar: