Payudara kanan akit bisa dikaitkan dengan serangan jantung. Meski kebanyakan serangan jantung terasa tertinggal, nyeri dada kanan masih har...

Mendalami tentang sakit dada sebelah kiri

Payudara kanan akit bisa dikaitkan dengan serangan jantung. Meski kebanyakan serangan jantung terasa tertinggal, nyeri dada kanan masih harus diperhatikan karena bisa mengindikasikan masalah kesehatan yang serius.Nyeri dada kanan jarang diperhatikan karena orang lebih fokus pada jantung di payudara kiri. Meski terasa nyeri dada kanan disertai beberapa penyakit serius yang menimpa tubuh, terutama pada lansia.

Sakit dada sebelah kiri

Tanda Tubuh yang MerasaAda beberapa gejala fisik yang bisa dirasakan saat seseorang memiliki nyeri dada yang benar, yaitu:

    
Sakit di dada saat mengganti posisi tubuh.
    
Merasa nyeri di dada atau di belakang sternum.
    
Rasa sakit di dada terasa tembus.
    
Dada terasa kencang, menekan, dan sesak.
    
Nyeri saat bernafas, terutama menjelang tidur.
    
Rasakan aliran kembali dari saluran cerna ke mulut.Nyeri dada benarInilah beberapa penyebab nyeri dada kanan:

    
Infeksi virus yang menyebabkan flu dan batuk mungkin bertanggung jawab atas terjadinya nyeri dada di sebelah kanan. Rasa sakit akan terasa lebih lama saat Anda batuk dan bernafas panjang.
    
Stres bisa memperparah gangguan saluran pencernaan. Jika saluran gastrointestinal diubah, maka bisa memicu nyeri dada di sisi kanan.
    
Olahraga atau aktivitas yang melibatkan otot thoraks berlebihan dapat menyebabkan nyeri dada ke kanan. Rasa sakit ini biasanya berasal dari nyeri otot dan memburuk saat otot dada kanan bergerak.
    
Masalah paru-paru yang dapat menyebabkan nyeri dada yang tepat termasuk pneumonia atau infeksi jaringan paru-paru dan pleuritis atau pembengkakan pada lapisan paru-paru. Ada juga pneumotoraks, kondisi paru-paru dikempiskan oleh trauma eksternal, sehingga tekanan udara di paru-paru dan saluran udara terganggu. Embolisme atau penyumbatan pembuluh darah di paru-paru juga bisa membuat payudara kanan terasa nyeri.
    
Peradangan hati atau hepatitis juga merupakan salah satu kondisi kesehatan yang bertanggung jawab atas terjadinya nyeri dada kanan. Lokasi jantung yang bersebelahan dengan dinding rongga dada yang tepat adalah penyebab mengapa dada kanan terasa sakit saat hati mengalami masalah serius.
    
Cedera pada tulang, otot dan saraf juga bisa menyebabkan rasa sakit di dada kanan. Rusuk kanan kanan akan menimbulkan nyeri pada payudara kanan, terutama saat bernafas dan batuk. Otot dan tendon yang berada di antara tulang rusuk kanan juga bisa terasa sakit karena batuk atau gerakan terlalu keras menyebabkan nyeri dada ke kanan.
    
Masalah pencernaan juga bisa menyebabkan nyeri dada ke kanan. Misalnya, GERD atau acid reflux dapat menyebabkan rasa sakit dan nyeri tekan di payudara kanan karena kerongkongan dan jantung berbagi jaringan syaraf yang sama. Peradangan pada pankreas juga menyebabkan nyeri di dada kanan bawah terutama saat berbaring. Rasa sakit radang pankreas akan membaik setiap kali Anda mencondongkan tubuh ke depan. Selain itu, bisul peptik juga berpotensi menyebabkan nyeri dada yang tepat.Meminta bantuan medis dan darurat medisKarena dada memiliki berbagai organ yang vital bagi tubuh, maka jangan anggap biasa jika dada terasa sakit. Beberapa kondisi nyeri dada kanan disertai dengan kondisi berikut harus mencari bantuan dokter:

    
Sulit ditelan.
    
Demam, tremor, atau batuk saat mengeluarkan dahak kuning kehijauan.
    
Rasa sakit di dada kanan terasa parah namun tidak hilang.Sementara itu, kondisi yang perlu bantuan darurat segera adalah apakah nyeri dada yang tepat disertai dengan kondisi sebagai berikut:

    
Ada serangan tiba-tiba karena tekanan dan tekanan kuat pada sternum.
    
Setelah lama tidak berolahraga, nyeri dada tiba-tiba disertai sesak napas.
    
Nyeri dada menyebar ke tangan kiri, punggung dan rahang.
    
Denyut jantung atau tekanan darah terlalu rendah.
    
Detak jantung cepat, pusing, mual, pucat dan berkeringat berlebihan.Pengelolaan cepat dan pencegahan dini akan sangat membantu keberhasilan pengobatan dan pencegahan penyebab nyeri dada yang tepat.




Baca Juga : Sunat Dewasa Pekanbaru

0 komentar: