Saat kita bergumul dengan nama rangkaian produk elektronik, ada beberapa hal yang tidak boleh kita abaikan. Salah satunya adalah distribusi ...

Cara menaik kan tegangan DC 5 V ke DC 12 V dengan mudah

Saat kita bergumul dengan nama rangkaian produk elektronik, ada beberapa hal yang tidak boleh kita abaikan. Salah satunya adalah distribusi tegangan listrik. Karena rangkaian produk elektronik bekerja dengan menggunakan berbagai voltase.

Ada sirkuit yang bekerja menggunakan 5 volt, 6 volt, 9 volt, 12 volt, dan seterusnya. Pertanyaan besarnya adalah bagaimana kita bisa dengan mudah mengubah nilai voltase di sirkuit elektronik, siapapun bisa melakukannya, bahkan teknisi pemula sekalipun.

Misalkan kita memiliki power supply dengan tegangan output 5 volt DC, sedangkan power supply digunakan untuk menyalakan sirkuit radio dengan kebutuhan voltase 12 volt. Ingin tahu? Mari kita temukan bersama melalui review bahwa learnelektronika.net akan berbagi berikut ini.
Tingkatkan tegangan DC dari 5 menjadi 12 volt

Sebenarnya, kita bisa meningkatkan tegangan DC di sirkuit elektronik dari 5 volt menjadi 12 volt dengan menggunakan sirkuit elektronik kecil. Komponen utama yang digunakan dalam rangkaian adalah IC LM2577-12. IC adalah komponen elektronik berupa rangkaian terpadu yang terbuat dari semikonduktor.

Fungsi IC LM2577-12 adalah untuk mengendalikan dan memperkuat daya (step up), serta flyback. Sekadar informasi bahwa IC LM2577 memiliki banyak varian yang bervariasi dari varian dengan input 3,5 volt sampai 40 volt, dan juga output dari 12 volt, 15 volt, dan seterusnya. Oke, terus begini, berikut adalah diagram rangkaian tegangan DC yang meningkat dari 5 volt menjadi 12 volt.


service elektronik
layout


Bagaimana, sangat sederhana bukan? Sirkuit atau alat untuk menaikkan tegangan DC dari 5 volt menjadi 12 volt. Anda bisa membuat komponen sendiri dengan menggunakan skema ini. Semua komponen yang dibutuhkan diklasifikasikan sebagai umum dan dapat dengan mudah dicari di toko komponen elektronik.

0 komentar: