Gagal ginjal kronis seharusnya tidak dianggap ringan. Sebab, jika Anda tidak mendapatkan perawatan yang tepat, penyakit ini akan menimbulkan...

Makanan yang harus di hindari pasien gagal ginjal

Gagal ginjal kronis seharusnya tidak dianggap ringan. Sebab, jika Anda tidak mendapatkan perawatan yang tepat, penyakit ini akan menimbulkan komplikasi yang lebih serius. Nah, salah satu cara untuk mengendalikannya adalah dengan menerapkan diet sehat. Pasalnya, apa yang Anda konsumsi memberi efek signifikan pada perkembangan penyakit ini. Jadi, apa batasan diet untuk pasien dengan gagal ginjal kronis? Baca terus untuk mencari tahu.Apa itu gagal ginjal kronis?

gagal ginjal

Gagal ginjal kronis adalah suatu kondisi di mana ginjal mengalami kerusakan serius dan tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Fungsi utama ginjal adalah menyaring darah dari limbah beracun atau kelebihan cairan dalam tubuh. Nah, jika ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar, kadar toksik dan cairan berbahaya akan menumpuk di dalam tubuh. Inilah yang akan menyebabkan masalah bagi kesehatan Anda. Padahal, jika tidak ditangani segera, ginjal yang rusak ini akhirnya bisa berhenti bekerja sepenuhnya. Akibatnya, bisa berakibat fatal bahkan fatal.Gagal ginjal kronis biasanya memiliki perkembangan yang lambat dan tidak muncul sampai pasien menunjukkan gejala parah yang membahayakan kesehatannya. Penyebab penyakit ini biasanya karena komplikasi diabetes dan hipertensi. Anda harus berhati-hati jika Anda memiliki urin berdarah, air kencing berbusa, dan pembengkakan di beberapa bagian tubuh Anda. Ini bisa jadi pertanda adanya gagal ginjal kronis. Selalu diskusikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan diagnosis, pengobatan dan perawatan terbaik untuk Anda.Beberapa pembatasan diet pasien dengan gagal ginjal kronisDokter umumnya merekomendasikan pasien dengan gagal ginjal kronis untuk diet. Diet ini bertujuan untuk membatasi jenis makanan tertentu yang bisa dikonsumsi oleh pasien agar tidak memperparah masalah ginjal. Prinsip diet pada penderita penyakit ginjal kronis adalah menjaga kadar elektrolit, mineral dan cairan dalam tubuh tetap dalam keadaan seimbang. Berikut adalah beberapa batasan diet yang harus dibatasi atau bahkan dihindari untuk pasien dengan gagal ginjal kronis.1. Makanan kaya proteinTubuh membutuhkan protein sebagai pembentuk metabolisme dan pembangun dalam tubuh. Namun, bagi orang dengan gagal ginjal kronis, makanan kaya protein menyebabkan akumulasi produk limbah yang terlalu besar di ginjal.Daging sapi, domba, ayam, ikan, kuning telur, susu dan produk susu adalah contoh makanan kaya protein. Jika Anda memiliki penyakit ginjal, makan terlalu banyak atau terlalu sedikit protein bisa membuat Anda merasa sakit. Karena itu, konsumsi protein yang tepat untuk membantu mengurangi beban kerja ginjal bilas produk limbah dalam darah.2. Makanan tinggi fosforMineral fosfor dapat membantu ginjal menyaring zat limbah yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh. Namun sayang, terlalu banyak fosfor dalam tubuh justru bisa mengganggu kerja ginjal. Karena itu, bagi Anda yang memiliki penyakit ginjal, disarankan untuk membatasi konsumsi fosfor agar tidak membebani kerja ginjal Anda. Beberapa makanan kaya akan fosfor, diantaranya:

    
Produk susu seperti keju, yogurt dan es krim (Anda bisa menggunakan pengganti susu untuk membatasi fosfor)
    
Selai kacang
    
Sarden
    
Minuman ringan
    
Bir3. Makanan asin tinggiMengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung garam (sodium) akan menyebabkan tekanan darah meningkat dan menghasilkan cairan tubuh pada tingkat yang tidak aman. Peningkatan produksi cairan di tubuh akan menyebabkan pembengkakan di daerah pergelangan kaki. Itulah sebabnya, bagi Anda yang memiliki gagal ginjal kronis, batasi makanan kaya garam seperti:

    
Daging kalengan (bacon, ham, sosis, daging kaleng dan ikan asap)
    
Kalengan ikan dan seafood
    
Salap asin dan kacang asin
    
Mie instan
    
Acar
    
Makanan cepat saji4. Makanan tinggi potassiumKalium adalah mineral yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mengendalikan tekanan darah. Namun, pada pasien dengan gagal ginjal kronis, ginjal tidak dapat mengendalikan kadar potasium dengan kelebihan darah. Kalium paling banyak ditemukan pada buah dan sayuran. Berikut beberapa jenis buah dan sayuran yang mengandung kandungan potassium tinggi.

    
Kentang
    
Asparagus
    
labu
    
Brokoli
    
bayam
    
Alpukat
    
Pisang
    
Buah-buahan kering
    
Jeruk
    
Kiwi
    
Cantaloupe
    
Datang
    
AprikotPada dasarnya, untuk menentukan batasan diet bagi pasien dengan gagal ginjal




Baca Juga : Dokter Sunat Pekanbaru

0 komentar: