Banyak cara untuk menghilangkan jerawat, mulai dari obat dokter sampai perawatan di rumah. Tapi tak jarang diet harian Anda juga menjadi sal...

Nutrisi Untuk Membasmi jerawat

Banyak cara untuk menghilangkan jerawat, mulai dari obat dokter sampai perawatan di rumah. Tapi tak jarang diet harian Anda juga menjadi salah satu faktor penting dalam pengobatan jerawat. Meski hubungan antara diet dan kasus jerawat tidak jelas, sudah banyak penelitian medis yang membahas efek konsumsi nutrisi tertentu terhadap pertumbuhan jerawat. Pakar kesehatan meyakini bahwa asupan vitamin A dan omega 3 dari makanan sehari-hari dapat membantu masalah jerawat Anda. Inilah penjelasannya.Bagaimana makanan kaya vitamin A bisa menghilangkan jerawat?

jerawat

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang paling mudah didapat dalam daging dan sayuran. Vitamin A ditemukan pada wortel, selada, brokoli, sayuran dan sayuran lainnya. Selain itu, vitamin A dapat ditemukan pada ikan dan daging hati. Tapi karena vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak, disarankan mengonsumsi vitamin A dengan lemak agar bisa diserap tubuh lebih optimal.Vitamin A memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan kulit seseorang. Krim wajah vitamin A (retinol) sendiri dikenal dengan efektifitasnya dalam menjaga elastisitas kulit dan menghilangkan jerawat. Contohnya adalah isotretinoin yang merupakan turunan dari vitamin A. Isotretinoin bekerja untuk mengurangi produksi minyak alami dari wajah (sebum). Karena itu, konsumsi vitamin A dianggap berperan dalam mengendalikan jerawat. Vitamin A juga memiliki efek antiproliferatif pada kulit, yang menghambat akumulasi sel tanduk yang mungkin menjadi faktor awal timbulnya jerawat.Sebaliknya, kekurangan vitamin A sebenarnya bisa menyebabkan kulit kering.Bagaimana makanan dengan kandungan omega 3 tinggi bisa menghilangkan jerawat?Jerawat bisa terjadi karena peradangan yang menyebabkan jerawat dengan gejala nyeri, kemerahan, dan pembengkakan. Nah, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan berminyak (salmon, tuna, mackerel, sarden) memiliki kulit wajah yang lebih terlindungi dari jerawat. Pasalnya, ikan berlemak mengandung omega 3 tinggi yang bisa menghambat terjadinya peradangan.Omega 3 sendiri merupakan asam lemak yang mengandung beberapa fungsi untuk kerja tubuh, salah satunya dalam regulasi peradangan. Kurangnya asam lemak ini bisa menyebabkan kulit kering, gatal dan bersisik.Selain fungsinya untuk mengurangi peradangan yang berperan dalam pengentkan jerawat, omega 3 juga memiliki fungsi untuk memperlancar peredaran darah dan kesehatan jantung. Omega 3 bisa didapat dari ikan dan seafood atau seafood lainnya. Bahkan saat ini omega 3 bisa dengan mudah didapat dari berbagai suplemen minyak ikan yang ada di pasaran.




Baca Juga : Klinik Dokter Sunat Pekanbaru

0 komentar: